Sabtu, 22 Oktober 2016

Ini Scene Kami Juga! Akhirnya rilis!

Sabtu, 22 Oktober 2016
Ini Scene Kami Juga! Trailer
Setelah kurang lebih 2 tahun berjalan (terpakai waktu kuliah dan sebagainya) akhirnya film dokumenter yang bukan berdasarkan riset, bukan berdasarkan ukuran eksistensi narasumber, bukan berdasarkan pengetahuan dan referensi teknis perfilman, akhirnya rampung dan rilis sudah pada tanggal 1 Mei 2016.

Acara pemutaran perdana atau launching yang awalnya akan di gelar pada tanggal 3 April 2016 di acara Lady Fast ini batal diputar karena ada satu hal yang akan kurang kondusif jika dipaksakan tetap dilangsungkan. Kronologi pembatalan dan pembubaran Lady Fast sendiri bisa kalian baca disini .

Sebetulnya tulisan ini udah telat banget untuk di publikasi, tapi seperti kata pepatah yang ngehits "Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali". Ok, jadi akhirnya setelah lelahnya dengan drama oleh para bigot di acara Lady Fast saya sepakat dengan teman-teman dari Woo! Kolektif dan narasumber / pembicara yang akan hadir di acara launchingnya akan membuat launching pada tanggal 1 Mei. Agak gambling juga sebenernya karena tanggal 1 mei dikenal dengan Mayday atau Hari Buruh. Tapi setelah dipikir-pikir lagi tanggal 1 Mei sangatlah tepat dengan rencana pemutaran perdana film dokumenter Ini Scene Kami Juga! (selanjutnya akan ditulis ISKJ). Sekali-kali mayday bolehlah turun ke jalan untuk menonton film hehe..

Film dokumenter ini digarap oleh beberapa bantuan teman seperti Geboy (Ninja Hatorry) sebagai editor dan Kartika Jahja sebagai penerjemah. Dan bahkan ada beberapa nama teman-teman yang rela membantu merekam wawancara bersama kontributor yang terlibat di film ISKJ dan sudah masuk di dalam daftar di akhir penutupan film.


Pada saat pemutaran perdana ISKJ awalnya saya agak khawatir dengan cuaca, karena pada bulan itu cuaca agak susah ditebak. Dan khawatir akan sulitnya teman-teman mengakses Daily Routine, karena coffee shop tersebut adalah tempat baru dan tempatnya agak mojok. Ok, sehabis magrib screeningpun dimulai. Sudah ada beberapa narasaumber dari filmnya, teman-teman dari Woo! Kolektif datang dari sore hari.

Beberapa menit setelah film dimulai, saya sempat melihat sekeliling kalau yang datang baru sedikit. Dan sayapun udah berpikir mungkin hanya teman-teman dekat yang akan datang. Namun, karena saya terlalu fokus nonton filmnya juga, menjelang 30 menit pemutaran film saya kembali menengok sekeliling dan buset penuh banget hihi. Beberapa foto acara pemutaran film ISKJ bisa kalian lihat disini.



Over all, acara pemutaran perdana ISKJ lancar jaya!

Dari mulai cuaca yang asik, teman-teman dan media yang datang, sesi sharing pun mendapatkan beberapa pertanyaan yang seru. Dan yang paling bikin mewek sih pada akhir bagian film, entah dari mana awal datangnya gemuruh tepuk tangan itu ngebuat bulu kuduk saya berdiri hehe. Dan akhirnya saya menangis bahagia. Bahagia karena semua teman-teman yang datang, segitu banyaknya, semua terlihat fokus menonton sambil ngangguk-ngangguk pada beberapa bagian adegan.

Terimakasih ya semuanya! :")

Terimakasih sudah meluangkan waktu sejenak datang ke setiap acara screening yang dibuat oleh teman-teman organizer di seluruh Indonesia. Terimakasih sudah membeli film ini dan membuat saya dan teman-teman lainnya sangat di apresiasi sekali. Terimakasih sudah meluangkan waktu sejenak untuk menontonnya. Skena ini milik bersama, sudah layaknya kita semua lebih perduli dengan satu sama lain dan semua hal disekitarnya. Sama-sama belajar untuk tidak menjadi Ignorant. (Hera Mary)







Hungry Heart © 2014